Sabtu, 20 April 2019

Service Design (SLM & BRM)


Service design ini ditujukan kepada service provider untuk memudahkan (service) strategy yang sudah dibuat agar dapat diaplikasikan kelingungan yang sdang berjalan. Tujuan dari service design adalah :
·         Reduce TCO (total cost ownwership)
·         Quality of service improvement
·         Consistency
·         Streamlined IT process
·         Improvement in IT goverance
·         Service lifecycle plan
Proses-proses service design sebagai berikut:
·         Manajemen katalog laanan
·         Manajemen tingkat layanan
·         Manajemen kapasitas
·         Koordinasi kapasitas
·         Manajemen ketersediaan
·         IT manajemen kelangsungan pelayanan
·         Manajemen keamanan informasi
·         Manajemen pemasok

a)      Penyebaran BRM didasarkan pada argumen bahwa keduanya baik penyedia layanan maupun pelanggan akan mendapatkan manaat dari hubungan yang berusaha untuk menyelaraskan kegiatan penyedia layanan dengan kebutuhan pengembangan bisnis pelanggan dan meningkatan pemahaman pelanggan tentang penawaran penyedia layanan dan nilai mereka untuk bisnis pelanggan.
b)      BRM membutuhkan komitmen, sehingga kedua belah pihak harus mngkaji nilai manajemen hbungan bisnis sebelum mengerahkan sumber daya untuk itu. Masalah utama bagi pelanggan adalah apakah hubungan bisnis tsb cukup penting untuk membuatnya berharga. Demikian pula penyedia layanan ingin fokus pada pelanggan besar atau pelanggan yang memiliki kepentingan strategis bagi mereka
c)      Fokus BRM pada desain dan penyediaan layanan yang menambah nilai nyata bagi pelanggan dengan biaya yang wajar baik dalam hubungan dengan nilai layanan delivery maupun biaya layanan seruppa dari pesaing
d)     Perbedaan fokus antara BRM dan proses lainnya diilustrasikan oleh perbedaan antara BRM dan service level Management (SLM). Kedua proses mementingkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memastikan bahwa pelanggan senang dengan apa yang disampaikan. Fokus dari SLM adalah pada menjalin perjanjian dengan pelanggan pada tingkat layanan yang  akan dikirimkan untuk layanan tertentu dan dengan memastikam tingkat layanan ini terpenuhi, pada pencapaian tingkat kepuasan pelanggan yang dapat diterima
e)      Dalam  rangka untuk memahami nilai layanan kepada organisasis pelanggan dan dampak perubahan layanan. Penyedia layanan membuutuhkan informasi yang solid tentang pengguna layanan dan bagaimana bisnis pelanggan tergantung pad layanan yag mereka terima
f)       BRM perlu bekerja sama dengan tim desain layanan untuk memastikan bahwa layanan yang dirancang terus memberikan utilitas yang telah didefinisikan dan garansi, bekerja sama dengan tim proyek untuk memperjelas atau memperluas persyaratan dan menyelesaikan konflik
g)      Selama thap ini BRM akan bekerja dengan manajemen ketersediaan dan kapasitas untuk membantu mereka memahami apa yang pelanggan butuhkan dna mengapa, terus bekerja dengan pelanggan untuk mengembangkan dan memeperbaiki pola aktivitas bisnis dan untuk mengungkapkan dan menyetujui persyaratan untuk pemilihan bencana atau kelangsungan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar