Sabtu, 30 Maret 2019

HSBC BANK; Perusahaan yang Menerapkan Standar Internasional Manajemen Layanan Sistem Informasi

Manajemen layanan sistem informasi adalah suatu cara bentuk pengelolaan dan pengaturan sistem informasi (SI) yang secara terpusat pada perspektif konsumen di layanan SI terhadap sebuah usaha atau bisnis perusahaan agar mampu termanajemen dengan baik.
Secara prinnsip, ada 5(lima) domain proses utama yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dalam memastikan terjadinya pelayanan berbasis teknologi informasi yang handal, masing-masing adlah sebagai berikut:
1.      Service Strategy, mengisyaratkan bahwa setiap organisasi semacam perusahaan harus memiliki sebuah strategi pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam perimeter organisasi. Salah satu perusahaan yang telah memiliki strategi pelayanan adalah HSBC bank. HSBC bank meningkatkan layanan pelanggan degan berinvestasi lebih lanjut dalam teknologi dan kemampuan digital dan meningkatkan jangkauan.
2.      Service Design, memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur dan superstruktur) teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya. HSBC bank mempunyain layanan keamanan yang baik, layanan pada phone banking pada HSBC dilengkapi dengan Personal Identification Number(PIN) dengan kombinasi angka yang diberikan secara rahasia dan pribadi, hanya untuk nasabah itu sendiri.
3.      Service Transition, menggambarkan bagaimana organisai bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan.
4.      Service Operation, mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rankaian proses manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal akan mendapatkan manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.  HSBC bank (untuk kartu kreedit), bagi nasabah yang meng-apply kartu kredit pertama, akan mendapatkan keuntungannya. Beberapa keuntungannya yaitu, akses ke airport longue dan bisa menukarkan poin dengan e-voucher kuliner dan belanja.
5.   Continual Service Improvement, mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus darimasa ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yng bersangkutan seantiasa belajar dan selalu berekembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global. Grup HSBC membuka cabang pertama di Indonesia pada tahun 1884 dengan nama The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited. Awalnya, HSBC membantu pembiayaan dan memfasilitasi perdagangan gula. Kemudian HSBC memperluas operasinya dengan membuka kantor keduanya disrurabaya pada tahun 1896. Pada tanggal 17 April 2017, grup HSBC telah menggabungkan operasi kantor cabang dengan PT bank HSBC Indonesia, yang mendapatkan izin melakukan usaha sebagai bank umum erdasarkan keputusan dewan komisioner OJK No. 15/KDK.03/2016 tgl 4 oktober 2016. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman HSBC membuka banyak cabang dan membuat atau mengembangkan fitur-fitur pada ATM dan Mobile Banking.  

Daftar Pustaka;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar